Sabtu, 22 Mei 2010

Sejuta Kabut dan Abah Iwan

Sejuta kabut turun perlahan
Merayap di jemari jalanan
Meratap, melolong lalu menjauh
Menggoreskan kesan ngeri di hati

Sejuta kabut turun semalam
Mengetuk-ngetuk jendela kamarku
Meratap, melolong lalu menjauh
Menggaungkan kesan suram padaku

Lalu kusibak tirai hatiku
Kubuka lebar-lebar pintu jiwaku
Kuterjuni kabut yang di kakiku
Berbekal matahari
yang bernyala
yang membara

 
Sejuta Kabut. Aku baru mengenal lagu tersebut akhir Mei kemarin saat membaca sebuah tulisan seorang sahabat, mba Emma, yang baru saja bertemu dengan penyanyinya, Abah Iwan.  Membaca tulisan itu hati ini ikut terbawa, merasakan sebuah pertemuan istimewa tentang seorang pengagum yang diberi kesempatan ekslusif bertemu dengan seorang  yang istimewa dihalaman rumah yang teduh di Bandung Utara.

Sejuk… damai… dan dari tulisan itupun membawaku untuk mencari mp3-nya Abah Iwan. Searching dari situs 4shared.com dengan cukup mudah, dan mendapatkan sekitar 10an lagu. Lagu baru ditelingaku, meskipun sebenarnya lagu-lagu tersebut sudah diciptakan sejak tahun 70an. Hanya lagu “Melati Dari Jayagiri” yang aku kenal dan itu pun dinyanyikan oleh Bimbo bersaudara. Dari 10 lagu yang ku unduh tersebut, sebagain diantaranya adalah versi live, dengan Abah Iwan memainkan gitar akustik dan sesekali bercerita tentang lagu yang dibawakanya, menarik!.

Dan lagu Sejuta Kabut ternyata terinspirasi dari seorang yang kukenal di MP, Aki Suparka. Lagu tersebut diciptakan saat kedua sahabat itu menyusuri patahan Sumatra sekitar pertengahan tahun 70an. Itu yang kutangkap dari cerita abah sebelum menyanyikan lagu itu.

Sampe saat ini aku belum mengenal Abah Iwan. Hanya tau link WP nya, tapi belum sempat membaca tulisan-tulisanya yang pasti sangat menarik. Ya.. seperti aku mendengarkan lagunya yang banyak berkisah tentang dunia yang juga aku nikmati sebagai bagian dari kehidupanku. Tentang Alam dan petualangan di rimba raya. Abah adalah Anggota Wanadri, pantas saja lagunya banyak berkisah tentang alam. Sangat menginspirasikan!

Dan 3 minggu ini, beberapa lagu tambahan yang aku dapatkan dari mba Emma di JUST kemarin menjadi HITS dikamarku, diwinampku untuk menemani aktifitasku. Thanks, telah berbagi :D


Abah Iwan [WP] : http://abahiwan.wordpress.com
foto dari: www.abahiwan.com

-hans-

9 komentar:

opay . mengatakan...

mana lagunya? skalian di taro disini juga dong biar bisa sambil berdendang :D

HANS ' mengatakan...

nih mba opaaay..

opay . mengatakan...

enakeun euy lagunya..
klo yg live performance pas hari sabtu itu lagunya abah iwan juga bukan? yg lagu pembukanya?

HANS ' mengatakan...

enggak tau... udah lupa, yg Ari Malibu nyanyi ya?

opay . mengatakan...

hooh...ari malibu ...mantabs petikan gitarnya dan suara emasnya, meskipun ga tau lagunya.
dari semua lagu yg dinyanyikan, cuma bisa satu yang akhirnya bisa ikut nyanyi bareng "living on the jet plane"..huehueheuheu

HANS ' mengatakan...

Armagedon...

opay . mengatakan...

yups...armagedon bukan armamaniez :))

HANS ' mengatakan...

hahaha....

opay . mengatakan...

hhihiihi...ada yg mesam mesem niy :P