Kamis, 17 Februari 2011

[2] JPers on SEVEN, Mari bercengkerama dan bermain dengan aman di alam...

Memilih sudut selatan dari hamparan ini, dulu kami memakainya sebagai Subcamp Air saat JPI2009. Sudah banyak yang berubah dari Bumi Perkemahan ini. Lapangan utama yang dulu dijadikan tempat upacara dan area berkumpul itu kini telah dipagari menjadi tempat outbond yang masih dalam tahap pembangunan. Dan tempat pemandian air panas yang berada disudut barat daya kini telah hancur dan tersisa hanya beberapa bilik saja… entah ada program apa ko’ menghancurkan tempat pemandian itu, dan untuk tempat pemandian lain hanya tersisa di sebelah utara, dekat camp panitia JPI. Ups.. saya banyak menyebutkan nama JPI di awal tulisan ini, ya… saya sedang mengenangnya, sedang menikmati mengingat masa-masa sibuk disana. 4 hari di Ranca Upas tanpa sempat menemani rusa rusanya bermain… sesibuk itukah?

Alasan lain memilih camp disebelah selatan adalah hanya disana tersisa lahan yang masih luas dan tidak becek karena genangan air. Sedang lahan lain lebih mirip seperti rawa kubangan karena hujan yang tak henti-hentinya menerpa dataran tinggi di Selatan Kota Kembang ini. Tidak banyak yang kami siapkan untuk memulai cerita kali ini, dalam rangka merayakan 7 tahun kebersamaan kami di Jejak Petualang Community. Beberapa rapat kecil dihadiri oleh orang- orang kecil (coba lihat… banyakan Jpers yang berpostur kecil kan?? Kecuali saya tentunya :D) dan akhirnya sebuah sambutan hangat dari semua penghuni milis dan juga dari Manajemen Jejak Petualang TRANS|7. Baru dibuka beberapa hari ternyata 100 seat yang disediakan dari Jakarta langsung penuh. Dan sisanya disarankan untuk ketemu langsung di Ranca Upas. Maka pagi ini ada 150 JPers yang siap bermain dan belajar bersama di bawah bukit Patuha ini.

***

Saat matahari pertama menyapa, sebagian dari kami sudah berkumpul dibeberapa warung makan. Sarapan pagi. Disini menyapa teman-teman lama yang belum aku temui semalam. Ini adalah trip pertamaku sejak 2 bulan resmi menjadi warga Ibu kota. Bertemu dengan wajah-wajah yang sudah terasa tidak asing lagi meskipun jarang bertemu di dunia nyata, sebagian dari kami adalah penghuni dunia maya. Tapi kemayaan itu tidak membatasi kami, malah semakin luas dalam berekspresi dan bukan sekali ini event bersama di gelar meskipun berawal dari celetak-celetukan kecil dikoment maya tersebut

Dua hari ini adalah kelanjutan dari tanggal 20 kemarin, dimana beberapa JPers 4L dan Crew JP dari TRANS|7 merayakan hari jadi JP Comm yang ke 7 di Pasar Festival. 20 Januari 2004 adalah awal pertama milis penggemar acara Jejak Petualang ini dibuat. Dan 7 tahun setelahnya, telah berkembang menjadi sebuah komunitas yang sebagian membernya adalah teman teman yang aktif di kegiatan outdoor, meskipun ada juga diantaranya yang hanya menikmatinya dalam sebuah komunitas. Dan kali ini di ulang tahunya yang ke 7, JPers ingin merayakanya di Bumi Perkemahan Ranca Upas - Ciwidey.

***

Pukul 9, setelah sebagian besar tenda-tenda berdiri mengelilingi kampung air ini. Spanduk-spanduk sponsor pun memeriahkan melingkari lapangan rumput yang tidak begitu luas ini, tapi jauh lebih cukup untuk menampung kami yang hanya ber 150 ini. Banner JPers On SEVEN yang kuning menyala dinaikan oleh team TCO (Tree Climbers Organization). Dengan teknik memanjat pohon yang aman akhirnya Baner itu dibentangkan diantara dua batang pohon. Ada Spanduk Polygon dan Eiger yang dibentangkan dibawahnya. Team TCO, Biota dan beberapa JPers yang telah datang lebih dahulu telah menyiapkan sebuah arena bermain yang akan menemani kami menyapa rumput rumput hijau yang selalu kedinginan tapi tetap ceria ini… ah….. semakin tak sabar aku bercengkerama dan bermain bersama mereka.


bersambung lagi ya...

 

 

 

www.trihans.com

Tidak ada komentar: