Senin, 30 November 2009

Catatan 10 hari untuk Jambore Petualang Indonesia [11]


[Hari Pertama JPI]
To Be One With Nature,  8 Agustus 2009

Jambore Petualang Indonesia
Its all about the nature…
Its all about adventure…
Its all about you…


Bumi Perkemahan dan Penangkaran Ranca Upas yang dikelola oleh Perum Perhutani Unit III, KPH Bandung Selatan, BKPH Ciwidey, dan RPH Patuha. Sebuah areal seluas 215 HA, dua hari ini akan menjadi saksi digelarnya sebuah Even Nasional yang baru pertama kali, Jambore Petualang Indonesia. Sebuah event yang memadukan antara petualangan dan pendidikan alam bebas. Yang secara langsung akan mempertemukan Petualang Senior dan Petualang Muda dan juga tokoh-tokoh yang selama ini konsen dengan dunia petualangan….ko serius jadinya ya.. Yah begitulah kesibukan pagi ini, hampir semua peserta dan panitia mulai berkumpul dilapangan utama disamping danau. Mereka semua bersiap untuk menyambut event ini dengan sebuah Upacara Pembukaan. Beberapa pejabat daerah datang untuk membuka jambore. Seingatku ada pak Camat dan kepala Perhutani yang nanti akan membuka  jambore ini.



Dihamparan yang berjarak 42 km diselatan kota Badung ini berjajar melingkar lebih dari 1000 petulang dalam Upacara Pembukaan tersebut. Senangnya… sesuatu yang sudah kami nantikan sejak beberapa bulan yang lalu, akhirnya digelar juga. Aku tidak mengambil posisi di rombongan pantia didepan panggung tapi berbaur di diantara peserta sambil berkeliling. Maklum pagi itu aku memang tidak terlibat dalam protokoler upacara yang dikoordinir oleh Ikhwan. Pembawa Upacara dibawakan oleh bang Erwin SIOUX dan Witri. Keren juga, mereka berdua sudah terbiasa membacakan acara saat Upacara di Pramuka. Diawali dengan rangkaian puisi yang dibaca bersahutan dan serangkaian Upacara yang dipimpin oleh Idur.

Seluruh peserta upacara menyanyikan lagi Indonesia Raya, lagu kebangsaan Negara kita…whaa maskin semangat rasanya, kemudian dilanjutkan dengan pidato singkat mas aji Mas Aji selaku ketua Jambore membuka Jambore ini. Diterukan dengan penyerahan ID card peserta oleh Bapak Camat Ciwidey kepada dua perwakilan perserta terjauh yaitu saudara Mahfiz dari Malaysia dan seorang dari Palangkaraya. Selain itu secara simbolis Bapak Kepala Perhutani juga melakukan penyerahatan pohon eucalyptus yang besok akan ditanam saat kegiatan penghijauan kepada perwakilan peserta.

Maka resmilah Jambore ini dibuka. Dimeriahkan juga oleh Dancer dari dari Univ. Pendidikan Indonesia (ikip bandung) dengan beberapa medley lagu daerah sunda mengiringi mereka. Salah satu dari penari itu adalah Risa, adik kandung dari teh Epik, ibu Negara milis, yang selama jambore ini mengurusi masalah pendaftaran. Sebagian perserta memilih duduk disekitar lapangan sambil menikmati sajian tari tersebut. Aku masih diantara mereka, dan menemukan beberapa teman-teman lama yang mendaftar jadi perserta Jambore, Seperti mas Pherlee, seorang Jpers jateng yang sekarang bekerja di Toko Cartenz Purwokerto, pertama ketemu denganya saat lebaran tahun 2008 kemarin, aku sempat tidur dirumahnya semalam di Purbalingga. Ada juga Ayu Sonary, Jpers Ex.Argopuro yang memilih menjadi peserta mewakili Kampusnya. Eh.. ketemu juga dengan Susan dan kong Nanda dari milis Pendaki.....dan beberapa sahabat lain yang selama ini tidak pernah bertatap muka... senangnya bisa ketemu mereka disini.

Acara masih berlangsung dengan dibawakan oleh Idur sebagai ketua Koordinator untuk Sie Kegiatan, dengan memperkenalkan satu persatu masing-masing Koordinator Kegiatan Pilihan. Ada 9 Kegiatan pilihan yang bisa dipilih secara online saat pendaftaran. Misalnya Mountain Bike dikoordinir oleh Tri Rahayu dengan Narasumber dari  Bike To Work akan melakukan trekking ke Danau Situ Patenggang. Fun Orientering dikoordninir oleh Doni Saputra dengan Narasumber dari Bakosurtanal, Treking Tanaman Obat dikoordinir oleh Iil Kholilah dengan Narasumber dari IPB, Treking Hutan dikoordinir oleh Anugerah Bermani atau Abe SIOUX dengan Narasumber juga dari IPB. Treking Ular dikoordinir oleh One dan Jabrix Sioux dan tentunya Narasumber dari SIOUX Lembaga Studi Ular Indonesia. Treking Foto dikoordinir oleh mas Eko Purnomo dengan Narasumber dari Roy Genggam Fotografi. Treking Jurnalis oleh Redi Tendean dengan Narasumber dari Penulis Pengelana (PENA). Dan yang terakhir ini adalah Kegiatan pilihan dengan peminat paling banyak, Treking Survival dikoordinir oleh Thea Macan…ee…Thea Arabella dan Narasumber dari team Eiger Adventure Service Team (EAST). Sebenernya ada satu lagi kegiatan pilihan yang bisa dipilih tapi ini menyatu dengan camp, yaitu Family Camp dengan koordinator Irda dan Mia. Mereka akan bermain dengan keluarga dan anak anak disekitar kebun Strawbery dan Kandang Rusa.


Satu persatu koordinator diperkenalkan dengan membawa Banner Kegiatan mereka. Dan kemudian membagai peserta sesauai dengan kegiatan yang dipilih oleh peserta saat pendaftaran. Disini aku malah bingung, aku dan beberapa panitia yang siang itu masih tidak ada kerjaan ingin mengikuti beberapa kegiatan pilihan sekaligus membantu di lapangan. Hm… Karena aku selama ini mengenal kegiatan alam bebas, tapi tidak pernah mengikuti pendidikan dasarnya. Satu kegiatan yang aku kira cukup menarik, Treking Survival… yah pasti ada banyak ilmu yang seharusnya aku ketahui untuk berkegiatan dialam bebas. Yah…setalah istirahat nanti aku ingin mengikuti kegiatan ini, meskipun nggak ada yg aku kenal dengan baik…

Kami terus berdiskusi dengan alam
Menyiapkan diri untuk mengenal lebih jauh
Tentang persahabatan, kehidupan dan dunia yang kita tinggali..



Bersambung...


24 komentar:

DhaVe Dhanang mengatakan...

lanjutannya bakalan seru kie... akhirnya ikut yang mana Mas.. atawa kembali mlungker ditenda logistik berselimutkan sepanduk? hehehe

HANS ' mengatakan...

haha...
akhirnya beda dengan yg di inginkan....lanjutnya besok ahhh...mau ke toko cartenz dulu..

tHea Arabella mengatakan...

Hmmmmmmm......................

Tri Rahayu Kartodipuro mengatakan...

***mbayangin thea menggeram

Tri Rahayu Kartodipuro mengatakan...

***mbayangin thea menggeram

Tri Rahayu Kartodipuro mengatakan...

Aku ndak ikutan upacara...malah sibuk mondar mandir sendiri ...hihihi

tHea Arabella mengatakan...

*Tos sama Jujuk*
xixixi......
Ga usah dibayangin Juk, entar jadi kangen sama gua..=P

tHea Arabella mengatakan...

Padahal Kohan tinggal bilang ajah euy, langsung deh masuk...=P

HANS ' mengatakan...

tuh, saya ingat sedetail itu the.. apa kata idur...

untung bukan Thea J*****g.....hahahhaaaaa

HANS ' mengatakan...

gak usah menggeram juk, ngomong aja gw udah minderrr... :(

tHea Arabella mengatakan...

Hhhhhhmmmmmmmmmmmm.........

tHea Arabella mengatakan...

Jah...... feeling gua gak beres, pasti ada hubungan dengan suara, huff....

HANS ' mengatakan...

tapi kan ikut pas mengenalkan koordinator kegiatan mountain bike..

HANS ' mengatakan...

toss juga "ha!"..
tos gaya sule OVJ....padahal saat itu sudah ada ya gaya ambon sama kisyut...OVJ yang niruuu

HANS ' mengatakan...

gak berani the..sumpah gak berani....

-detail alasanya....silahkan liat catatan selanjutnya....wakakakak-

tHea Arabella mengatakan...

ckckck......
Cuma bilang doang, "mau ikutan dong......", jadi gak ikutan kaaaaaan......
Gak bisa ketemu kakak besarku, huahuahua.....

Beneran feeling gua jadi gak enak....
Pasti yang berhubungan sama loe dan Owien, pasti mendadak gak beres...

HANS ' mengatakan...

nah the.. kali ini feeling mu bener...sik, masih terkonsep di otak, semoga besok bisa tanyang.....

eh.. coba sudah berapa kali namamu kusebut...ko bisa ya...ckck

tHea Arabella mengatakan...

Huff...
*ngelus" dada*

Besok diriku ke puncak euy 2 hari..=(
Gak bisa liat deh, huks... huks....

HANS ' mengatakan...

kan ada gprs.. opera mini... aku aja suka baca di hp..:D

tHea Arabella mengatakan...

Iya siy, sama juga suka baca di hape tapi di pabrik suka dangdut signalnya, huks....... mudah"an cuaca lagi bagus...=P

HANS ' mengatakan...

-mengenaskan-

tHea Arabella mengatakan...

Huh....

Tri Rahayu Kartodipuro mengatakan...

iki opo to kok malah do kerah dewe wong loro?

tHea Arabella mengatakan...

Ora opo Juk..

*bener ga siy ngomongnya?*