Kamis, 08 April 2010

[4][Catper EASTJAVAGANZA 2010] Bumi Timur itu memanggilku kembali..

Kawah Candradimuka



Mas Aji men-sweeping dipuncak Pananjakan takut kalo ada peserta yang ketinggalan. Aku dan beberapa peserta yang lain memberangkatkan satu persatu Jeep menuju ke Lautan pasir dan kawah Bromo. Agenda pagi ini adalah makan pagi di Parkiran Jeep, dan melanjutkan untuk melihat Pura serta Kawah Bromo. Semua telah sepi, akupun orang terakhir yang menaiki Jeep terakhir, Jeep buatan tahun 1981 ini. Termasuk Jeep terbaru karena terakhir diproduksi tahun 1982. Dan rata-rata Jeep yang dipakai disini adalah buatan akhir tahun 70-an. Kendaraan dengan 3600cc ini meskipun sudah tua tapi masih cukup kuat untuk membawakan kami sampe kapuncak Pananjakan dan menembus jalanan terjal di TNBTS.

Makan pagi dilautan pasir dengan view gunung Batok membelakangi. Putri mengabsen satu persatu peserta yang berjumlah 76 ini. Cukup banyak, mungkin terbanyak dari sebuah trip yang pernah kuikuti. Saat absen ini lah, ternyata masih ada 4 peserta yang tertinggal Panjakan, dan mereka adalah team dari Surabaya, ya ampun… mba Emma, mas Toto, mba Nuning, serta satu temannya. Padahal aku sudah menunggu sampe Jeep terakhir dan mas Aji pun sempat sweeping diatas.

Semua peserta berencana mendaki ke puncak Bromo untuk melihat sebuah kawah raksasa yang selalu dijadikan pusat upacara adat Kasada, yaitu upacara masyarakat Tengger yang mensyukuri atas karunia di bumi Tengger dengan melempar berbagai hasil bumi kedalam Kawah Candradimuka. Jika acara ini berlangsung lautan pasir Bromo akan padat oleh ribuan orang baik warga tengger yang mengikuti upacara adat ini maupun pengunjung yang ingin melihatnya.

Kepulan asap sulfur dan bau belerang pekat menyambut satu persatu langkah meniti anak tangga disana, berapa jumlahnya? Akankah sama satu dengan yang lain? Tapi aku yakin cukup melelahkan kaki dan nafas mereka. Sedangkan aku yang belum tidur sejak kemarin siang, memilih untuk merebah diri disalah satu Jeep. Bersauna didalamnya dan terlelap hingga semua peserta kembali keparkiran Jeep. Masih tidak ada bosannya, diparkiran pun masih rame dengan berbagai pose andalan untuk mengabadikan waktu dengan lukisan cahaya. Dan aku terjebak lagi didalamnya…haha..




pic 1 by : mba dhyan
pic 2 bu : emmaku


bersambung...

Tidak ada komentar: